Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Rabu, 24 September 2014

Tanda Muslim Sejati



Banyak yang mungkin sudah mengenal kata Muslim, namun terkadang masih ada orang yang belum paham mengenai Muslim itu apa, bagaimana cirinya.

Muslim adalah orang yang telah berserah diri kepada Allah. Tetapi dalam rangking manusia berkualitas, seorang yang baru pada tingkat muslim berada pada tingkatan terendah. Seorang muslim adalah seorang yang telah meyakini kebenaran, berusaha untuk mengikuti jalan kebe­naran itu, tetapi dalam prakteknya ia belum tangguh karena masih dalam belajar memahami Islam.



Meski demikian, menjadi seorang muslim sangatlah penting karena merupakan tahap awal dalam beberapa tingkatan selanjutnya. Allah SWT telah berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan takwa kepada-Nya sebenarnya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan berserah diri (muslim)." (QS Ali Imran: 102)

Dengan kata lain, jika kita seluruh hidupnya tidak berserah diri kepada Allah, maka ia mati dalam keadaan berserah diri kepada selain Allah (suul khatimah/akhir tragis).

Adapun ciri-ciri muslim sejati antara lain:

1. Tidak akan membunuh sesama muslim

Jika terjadi saling membunuh antara dua orang muslim maka yang membunuh dan yang terbunuh keduanya masuk neraka. Para sahabat bertanya, “Itu untuk si pembunuh, lalu bagaimana tentang yang terbunuh?” Nabi Saw menjawab, “Yang terbunuh juga berusaha membunuh kawannya.” (HR. Bukhari)

2. Tidak menyakiti sesama muslim dengan lisan dan tangannya

“Seorang muslim itu bersaudara terhadap muslim lainnya, ia tidak boleh menganiaya dan menghinanya. Seseorang cukup dianggap berlaku jahat karena ia menghina saudaranya sesama muslim.”(HR.Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar